Tuesday, March 13, 2012

Laporan dan Analisa Bursa NBA Trade Deadline 2012 per Divisi
Part 2 - East - Central Division


Chicago Bulls
Pemain masuk bursa trade: Carlos Boozer, Joakim Noah, Luol Deng
Komentar: Pemain yang sering dihubungkan dengan Chicago Bulls trade belakangan ini adalah: Dwight Howard dan Pau Gasol. Orlando Magic dikabarkan menyukai paket yang dapat ditawarkan Bulls untuk mendapatkan Howard; pemain yang diperkirakan ada di dalam paket tersebut adalah Joakim Noah dan Luol Deng. Tetapi pembicaraan ini terganjal karena Chicago bukan salah satu destinasi utama yang diinginkan Howard. Bulls lebih baik mengurungkan niatnya untuk mendatangkan Howard karena resiko Howard untuk pindah tim setelah musim selesai sangat tinggi, dan apabila itu terjadi mereka berarti membuang Noah dan Deng for nothing, selain itu Bulls juga berarti harus kembali membangun tim dari nol. Gasol adalah satu pemain lagi yang sangat diminati oleh Bulls. Bulls dikabarkan telah menawarkan Carlos Boozer ke Lakers, tetapi Lakers menginginkan paket yang lebih dari sekedar Boozer. Saat ini Bulls sedang mencari tim ketiga agar dapat melakukan 3-way trade. Diharapkan dengan tambahan asset menarik dari tim ketiga ini, Lakers akhirnya mau mengirimkan Gasol ke Chicago. Gasol adalah pemain yang lebih konsisten dalam hal scoring dibandingkan dengan Boozer yang kemampuan back-to-the-basket offense-nya mulai menurun dan sekarang lebih banyak melakukan tembakan medium shot. Gasol memiliki low-post presence yang lebih bisa diandalkan untuk menciptakan spacing bagi shooters seperti Kyle Korver dan CJ Watson. Gasol dapat membuat Bulls menjadi semakin sulit untuk dibendung.

Cleveland Cavaliers
Pemain masuk bursa trade: Antawn Jamison, Ramon Sessions
Komentar: Antawn Jamison diminati oleh New Orleans Hornets karena memiliki expiring contract yang besar; Hornets dikabarkan tengah memperbaiki kondisi finansial tim dengan strategi menukarkan pemain-pemain yang dianggap tidak masuk rencana jangka panjang mereka dengan expiring contract. Rumornya Hornets menawarkan Emeka Okafor ke Cavaliers untuk medapatkan Jamison. Jamison sendiri berharap untuk dapat menyelesaikan kontraknya di Cavaliers hingga akhir tahun. Pihak Cavaliers juga kabarnya mengurungkan niat mereka untuk memindahkan Jamison setelah Jamison dianggap berhasil menjadi mentor bagi pemain muda mereka seperti Kyrie Irving dan khususnya Tristan Thompson yang berposisi sama dengan Jamison. Nama Ramon Session muncul lagi sebagai pemain yang diminati Lakers setelah rumor ini sempat mereda. Cavaliers dikabarkan meminta paket 1st round pick dari Lakers untuk Session. Cavaliers belum bisa berbuat banyak musim ini, yang mereka butuhkan adalah pemain veteran untuk menjadi mentor pemain muda mereka dan expiring contract untuk memberikan flexibilitas dalam melakukan deal via free agency di masa depan.

Detroit Pistons
Pemain masuk bursa trade: N/A
Komentar: Berita bursa transfer seputar Detroit Pistons termasuk yang paling sepi tahun ini. Walaupin dikabarkan pemain seperti Charlie Villanueva dan Ben Gordon available, belum ada pembicaraan serius mengenai ketertarikan tim lain untuk jasa mereka. Sebenarnya nama Gordon sempet disebut-sebut diminati kembali oleh tim lamanya, Chicago Bulls, terutama sejak Rip Hamilton kembali cedera, tetapi berita ini sepertinya belum sampai tahap pembicaraan serius. Pistons adalah tim yang sedang dalam tahap rebuilding, mereka lebih memilih untuk fokus dalam mengembangkan pemain mudanya seperti Greg Monroe, Brandon Knight, Rodney Stuckey dan Jonas Jerebko. Apabila terjadi trade kemungkinan dengan tujuan yang sama seperti Cavaliers, pemain veteran atau expiring contract.

Indiana Pacers
Pemain masuk bursa trade: N/A
Komentar: Setelah mendapatkan David West pada awal musim dan record nomor 5 terbaik di wilayah timur, Indiana Pacers tampaknya tidak terlalu agresif dalam mengejar trade. Danny Granger yang setiap tahun selalu muncul dalam pembicaraan trade, tahun ini merasa lebih tenang. Walaupun begitu ada beberapa pemain yang dikabarkan ditaksir oleh Pacers: O.J. Mayo, SG cadangan Memphis Grizzlies yang hampir didatangkan Pacers bulan December lalu; Eric Gordon, SG New Orleans Hornets yang masih dilanda cedera; dan Chris Kaman, Center Hornets yang memang ingin di­-trade oleh Hornets. Pacers melihat mereka memiliki peluang untuk melewati babak pertama playoff tahun ini, dan bukan tidak mungkin mereka menambah pemain seperti Kaman yang membuat lini tengah mereka semakin solid bersama All-Star Roy Hibbert dan David West.

Milwaukee Bucks
Pemain masuk bursa trade: Andrew Bogut (traded), Stephen Jackson (traded)
Komentar: Trade pertama akhirnya terjadi antara Golden State Warriors dan Milwaukee Bucks yang melibatkan Monta Ellis, Ekpe Udoh dan Kwame Brown ke Bucks, Andrew Bogut dan Stephen Jackson ke Warriors. Dari sisi Bucks ada beberapa point yang menarik untuk disimak dari trade ini, apakah Monta Ellis pemain yang punya sejarah bermasalah dapat bekerja sama dengan pelatih Scott Skiles yang terkenal keras kepala dan sangat disiplin? Dulu Skiles dianggap bukan pelatih yang cocok untuk Brandon Jennings, tetapi ternyata justru Jennings bersinar dibawah arahan Skiles. Apakah Skiles sudah benar-benar berubah menjadi pelatih yang berusaha lebih mengerti pemain-pemainnya? Kesabarannya akan diuji dengan adanya Monta Ellis. Selain itu Ellis dan Jennings adalah pemain yang dua-duanya butuh ball possession yang tinggi untuk bermain efektif, bagaimana mereka mengatasi ini juga patut diperhatikan. Tapi secara overall, Bucks mendapatkan value yang bagus dari trade ini, Jennings butuh bantuan scorer lain seperti Ellis untuk mengurangi beban scoring, dengan adanya Ellis, mungkin akhirnya kita dapat menyaksikan Jennings sebagai PG murni. Ekpe Udoh yang sedang menanjak permainannya juga dapat memberikan tambahan kekuatan pada posisi Center sepeninggal Bogut yang sering sekali cedera dan menghambat permainan Bucks untuk berkembang sesuai potensi. Dengan lineup Jennings (PG), Ellis (SG), Ilyasova (SF), Gooden (PF), Udoh (C), Bucks punya kesempatan yang bagus untuk dapat mempertahankan posisi playoff seed ke-8, terutama selama New York Knicks masih belum dapat memecahkan masalah internal mereka.


Baca juga laporan dan analisa Part 1 - East - Southeast Division
Baca juga laporan dan analisa Part 3 - East - Atlantic Division
Baca juga laporan dan analisa Part 4 - West - Northwest Division
Baca juga laporan dan analisa Part 5 - West - Southwest Division
Baca juga laporan dan analisa Part 6 - West - Pacific Division

No comments:

Post a Comment